196

Pertanian dan Perlindungan Tanaman

Solusi BASF untuk tanaman Cabai

Cabai adalah salah satu komoditas hortikulutra potensial, bernilai ekonomi tinggi dengan kebutuhan 4kg per perkapita tiap tahunnya yang dikonsumsi hampir setiap hari, baik konsumsi segar maupun olahan.

Ada dua jenis tanaman cabai yang dikonsumsi oleh masyarakat umu yaitu cabai besar (Capsicum annuum L) dan cabai kecil (Capsicum annum L). Jenis cabai yang termasuk cabai besar adalah cabai merah, paprika, dan cabai bulat/udel/domba. Sedangkan jenis cabai yang termasuk cabai kecil adalah cabai rawit/jemprit, cabai cengek, dan cabai hias.

Pada umumnya, tanaman cabai dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 2,000 meter dpl. Cabai dapat beradaptasi dengan baik pada temperature 24-27oC dengan kelembapan yang tidak terlalu tinggi.

Kendala hama utama pada budidaya tanaman Cabai adalah serangan hama Ulat Grayak (Spodoptera lituraI), Ulat Buah (Helicoverpa sp), Spodoptora exigua, Mites heliothis, Kutu Daun Persik (Myzus persicae), Thrips (Thrips parvispinus). Sedangkan kendala penyakit yang sering dijumpai pada tanaman Cabai adalah Serkospora (Cercospora capsica), Fusarium oxysporum, serta Busuk Buah (Myzus persicae). 

Karena tingginya nilai ekonomis budidaya tanaman Cabai, BASF sangat memahami pentingnya pengendalian hama dan penyakit pada tananaman Cabai.

Cabai Spray Calendar

Dengan insektisida Rampage® 100 EC, Regent® 50 SC, Fastac® 15 EC, Ripcord® 50 EC, serta  fungisida Acrobat® 50 WP, Pemulus® 80 WG, Polycom® 70 WG dan CabrioTop™ 60 WG, memberikan solusi terpadu pengendalian hama dan penyakit tanaman Cabai.

pak ujang

Testimonial dari Pak Ujang